Menu
RSS

Wujudan Program 'PIJAR', Pertani Dapat Bantuan

Dompu, MATARAMnews - Kelompok Jagung Bukit Mete Desa Kadindi Barat, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu yang beranggota 25 orang mampu mewujudkan program andalan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu yaitu program Sapi, Jagung, Rumput Laut (PIJAR).

Kelompok yang berdiri sejak tahun 2005 dengan luas lahan 45 Ha tersebut, beberapa bulan yang lalu mendapatkan bantuan 600 Kg bibit benih jagung bissi 816 dari pemerintah provinsi (Pemprov), kendati bantuan tersebut tidak mampu memenuhi semua kebutuhan kelompok.

Ketua kelompok, Lalu Nurdan kepada wartawan mengatakan, “untuk menunjang kegiatan kebutuhan kelompoknya, pihaknya bersama anggota mengupayakan tambahan modal dari pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) unit Calabai Pekat Dompu. Hal itu dilakukan untuk mencukupi segala kebutuhan kelompok dalam program PIJAR”.

Dikatakannya, untuk memaksimalkan dalam menyambut program pemerintah, dirinya bersama anggota kelompok  melakukan penjarangan pohon jambu mete yang sudah beberapa tahun memberikan hasil, hal itu dilakukan agar lahan yang dimilikinya bisa di mamfaatkan untuk penanaman jagung, hanya saja pelaksanaanya terhambat oleh berbagai kendala, mulai dari penanaman hingga kekurangan pemasokan pupuk dan obat-obatan dari pemerintah.

Untuk itu Nurdan berharap agar pemerintah bisa memperhatikan kendala yang dihadapinya dengan memberikan bantuan traktor untuk pengolahan lahan dan alat heler (penggiling) atau mesin pemipil jagung supaya produksi jagung bisa meningkat, disamping bantuan lainya untuk pengembangan kelompoknya.

HOTLINE 0821 4688 5649 -- BBM 74472E20  --  EMAIL : redaksimataramnews@gmail.com -- redaksi@mataramnews.com